Dengan pertimbangan bahwa kemiskinan masih menjadi problem di berbagai negara, maka penghilangan kemiskinan dan kelaparan pada 2030 merupakan tulang punggungnya. Kemiskinan, yang menjadi salah satu tujuan utama MDGs, kembali ditetapkan sebagai tujuan utama dalam TPB. Selain karena kemiskinan dan kelaparan masih sebagai problem dunia, penghapusan kemiskinan diarahkan untuk menjamin keberlanjutan capaian MDGs.
Salah satu indikator dengan kategori merah (belum tercapai) adalah penurunan kemiskinan. Target pencapaian penurunan, yang seharusnya diakhir periode MDGs berada pada 10,30%, pada kenyataannya hanya turun pada angka 13,16%. Maka, Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah, dalam rangka mencapai Tujuan 1 TPB Tanpa Kemiskinan, menargetkan penurunan angka kemiskinan.
Persoalan kemiskinan perlu ditempatkan dalam kerangka multidimensi. Artinya melihat kemiskinan dari berbagai dimensi dan memandang penyebabnya dari berbagai sisi. Kemiskinan bukan hanya menyangkut ukuran pendapatan, melainkan menyangkut beberapa hal lain, yaitu: (i) kerentanan dan kerawanan orang atau masyarakat untuk menjadi miskin; (ii) menyangkut ada/tidak adanya pemenuhan hak dasar warga dan ada/tidak adanya perbedaan perlakuan seseorang/kelompok masyarakat dalam menjalani kehidupan secara bermartabat. Pemecahan masalah kemiskinan perlu didasarkan pada pemahaman suara masyarakat miskin dan adanya penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak dasar rakyat secara bertahap, yaitu hak sosial, budaya, ekonomi, dan politik.
No | Urusan / Kelompok / Indikator | Tahun | Satuan | Tanggal Update | |||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2010 | 2011 | 2012 | 2013 | 2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | ||||
DINAS SOSIAL, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA | |||||||||||||||||
1 | Data Keluarga Menurut Tingkat Kesejahteraan | ||||||||||||||||
2 | 1. Keluarga Prasejahtera | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 55.299 | 55.299 | 47.328 | 45.228 | 44.769 | * | kk | 2023-03-21 10:30:48 | |||
3 | 2. Keluarga Sejahtera Tahap 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 85.214 | 83.401 | 82.121 | 81.432 | * | kk | 2023-03-21 10:30:50 | |||
4 | 3. Keluarga Sejahtera Tahap 2 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 52.166 | 52.166 | 48.250 | 51.630 | 52.015 | * | kk | 2023-03-21 10:30:51 | |||
5 | 4. Keluarga Sejahtera Tahap 3 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 60.529 | 40.957 | 40.957 | 41.632 | * | kk | 2023-03-21 10:30:54 | |||
6 | 5. Keluarga Sejahtera Tahap 3 Plus | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 7.462 | 7.462 | 8.191 | 8.191 | 8.279 | * | kk | 2023-03-21 10:30:57 | |||
7 | Tingkat Kemiskinan Ekstrim | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
8 | Persentase penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional, menurut jenis kelamin dan kelompok umur. | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
9 | Persentase laki-laki, perempuan dan anak-anak dari semua usia, yang hidup dalam kemiskinan dalam berbagai dimensi, sesuai dengan definisi nasional. | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
10 | Proporsi penduduk yang menerima program perlindungan sosial, menurut jenis kelamin, untuk kategori kelompok anak berkebutuhan khusus, pengangguran, lansia, penyandang difabilitas, ibu hamil/melahirkan, korban kecelakaan kerja, kelompok miskin dan rentan. | ||||||||||||||||
11 | 1. Proporsi peserta jaminan kesehatan melalui SJSN Bidang Kesehatan. | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
12 | 2. Proporsi peserta Program Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan. | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
13 | Proporsi penduduk/rumah tangga dengan akses terhadap pelayanan dasar | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
14 | Proporsi dari penduduk dewasa yang mendapatkan hak atas tanah yang didasari oleh dokumen hukum dan yang memiliki hak atas tanah berdasarkan jenis kelamin dan tipe kepemilikan. | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
15 | Proporsi sumber daya yang dialokasikan oleh pemerintah secara langsung untuk program pemberantasan kemiskinan. | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
16 | Pengeluaran untuk layanan pokok pendidikan, kesehatan dan perlindungan sosial sebagai persentase dari total belanja pemerintah. | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
17 | Proporsi pengeluaran rutin dan pembangunan pada sektor-sektor yang memberi manfaat pada kelompok perempuan, kelompok miskin dan rentan. | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN PERIKANAN | |||||||||||||||||
18 | Kutoarjo | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 6,06 | 6,06 | 5,76 | 5,56 | 5,56 | 5,54 | 5,57 | 5,57* | ha | 2023-03-06 10:38:50 |
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH | |||||||||||||||||
19 | Jumlah korban meninggal, hilang, dan terkena dampak bencana per 100.000 orang | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
20 | Jumlah kerugian ekonomi langsung akibat bencana terhadap GDP. | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
21 | Proporsi pemerintah daerah yang mengadopsi dan menerapkan strategi daerah pengurangan risiko bencana yang selaras dengan strategi nasional pengurangan risiko bencana | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |