Pendidikan Bermutu



Tujuan 4 TPB adalah menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua pada tahun 2030. Dalam rangka mencapai tujuan kehidupan sehat dan sejahtera pada tahun 2030, ditetapkan 10 target yang diukur melalui 23 indikator. Target-target tersebut terdiri dari menjamin akses terhadap pengasuhan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah, serta pendidikan kejuruan termasuk universitas yang terjangkau dan berkualitas, menghilangkan disparitas gender dalam pendidikan, membangun dan meningkatkan fasilitas pendidikan yang ramah anak, dan meningkatkan jumlah guru berkualitas. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai target-target tersebut dijabarkan pada kebijakan, program dan kegiatan yang akan dilakukan oleh pemerintah maupun organisasi nonpemerintah.

Kebijakan Tujuan 4. Untuk mewujudkan Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas didasarkan pada strategi meningkatkan Kualitas manajemen dan layanan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan, dengan arah kebijakan: (1) Peningkatan Aksesibilitas dan Kualitas Pendidikan, (2) Peningkatan kualitas pendidik dan sarana pendukung Pendidikan, (3) Peningkatan layanan pendidikan, (4) Memperkuat dan mengembangkan pendidikan karakter.

Program dan kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain: 1) program-program terkait peningkatan kualitas dan akses pendidikan dasar dan menengah, 2) program terkait peningkatan akses, kualitas, relevansi dan daya saing pendidikan tinggi, 3) program terkait peningkatan akses dan kualitas pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, 4) program terkait penilaian mutu satuan pendidikan, 5) program terkait peningkatan kapasitas dosen, guru, dan tenaga kependidikan, 6) program terkait penyediaan/pemberian bantuan pendidikan untuk penduduk, 7) program terkait pengembangan dan pembinaan, dan pelindungan bahasa, 8) program terkait peningkatan kualitas kelembagaan, tata kelola, dan layanan pendidikan.


No Urusan / Kelompok / Indikator Tahun Satuan Tanggal Update
20102011201220132014201520162017201820192020
DINAS PENDIDIKAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
1 Proporsi anak-anak dan remaja
2     1. Kelas 400000000000
3     2. Tingkat akhir SD/Kelas 600000000000
4     3. Tingkat akhir SMP/kelas 9 yang mencapai standar kemampuan minimum dalam:
5         a. Membaca00000000000
6         b. Matematika00000000000
7 Proporsi anak-anak dan remaja [a]
8     1. Kelas 500000000000
9     2. Kelas 800000000000
10     3. usia 15 tahun yang mencapai setidaknya tingkat kemahiran minimum dalam:
11         a. Membaca00000000000
12         b. Matematika00000000000
13 Tingkat penyelesaian pendidikan jenjang SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat.00000000000
14 Angka anak tidak sekolah jenjang SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat.00000000000
15 Proporsi anak usia di bawah 5 tahun yang berkembang dengan baik dalam bidang kesehatan, pembelajaran, dan psikososial, menurut jenis kelamin.00000000000
16 Tingkat partisipasi dalam pembelajaran yang teroganisir satu tahun sebelum usia sekolah dasar, menurut jenis kelamin.00000000000
17 Tingkat partisipasi remaja dan dewasa dalam pendidikan dan pelatihan formal dan non formal dalam 12 bulan terakhir, menurut jenis kelamin.00000000000
18 Angka Partisipasi Kasar APK Perguruan Tinggi PT00000000000
19 Proporsi remaja dan dewasa dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi TIK00000000000
20 Proporsi remaja dan dewasa usia 15-24 tahun dengan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi TIK00000000000
21 Rasio Angka Partisipasi Murni APM pada tingkat SD/sederajat
22     1. perempuan/laki-laki00000000000
23     2. pedesaan/perkotaan00000000000
24     3. kuintil terbawah/teratas00000000000
25     4. disabilitas/tanpa disabilitas00000000000
26 Rasio Angka Partisipasi Kasar APK pada tingkat SMP/sederajat, SMA/SMK/sederajat, dan Perguruan Tinggi
27     1. perempuan/laki-laki00000000000
28     2. pedesaan/perkotaan00000000000
29     3. kuintil terbawah/teratas00000000000
30     4. disabilitas/tanpa disabilitas00000000000
31 Persentase remaja/dewasa pada kelompok usia tertentu, paling tidak mahir/mampu pada level tertentu dalam keterampilan
32     1. Perempuan
33         a. Menghitung00000000000
34         b. Membaca00000000000
35     2. Laki-laki
36         a. Menghitung00000000000
37         b. Membaca00000000000
38 Persentase angka melek aksara penduduk umur ?15 tahun.00000000000
39 Pengarusutamaan pada semua jenjang pendidikan
40     1. pendidikan kewargaan dunia00000000000
41     2. pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan termasuk kesetaraan gender dan hak asasi manusia
42         a. kebijakan pendidikan nasional00000000000
43         b. kurikulum00000000000
44         c. pendidikan guru00000000000
45         d. penilaian siswa00000000000
46 Proporsi akses sekolah
47     1. listrik00000000000
48     2. internet untuk tujuan pengajaran00000000000
49     3. komputer untuk tujuan pengajaran00000000000
50     4. air minum layak00000000000
51     5. fasilitas sanitasi dasar per jenis kelamin00000000000
52     6. fasilitas cuci tangan terdiri air, sanitasi, dan higienis bagi semua [WASH]00000000000
53 Persentase siswa yang mengalami perundungan dalam 12 bulan terakhir.00000000000
54 Jumlah bantuan resmi Pemerintah Indonesia kepada mahasiswa asing penerima beasiswa kemitraan negara berkembang.00000000000
55 Persentase guru yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan standar nasional menurut jenjang dan jenis Pendidikan.00000000000%
keterangan :
(n/a): not available (data tidak tersedia)
(*): data sementara