Tujuan 9 bertujuan untuk membangun infrastruktur yang tangguh, meningkatkan industri inklusif dan berkelanjutan, serta mendorong inovasi. Target-target dari Tujuan 9 meliputi pengembangan infrastruktur yang berkualitas, andal, berkelanjutan dan tangguh, mempromosikan industrialisasi inklusif dan berkelanjutan dan meningkatkan proporsi industri dalam lapangan kerja dan produk domestik bruto, meningkatkan akses industri dan perusahaan skala kecil terhadap jasa keuangan, meningkatkan infrastruktur dan retrofit industri agar dapat berkelanjutan, memperkuat riset ilmiah, meningkatkan kapabilitas teknologi sektor industri, mendorong inovasi, dan meningkatkan akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi, serta mengusahakan penyediaan akses universal dan terjangkau internet.
Kebijakan Tujuan 9. Sesuai dengan RPJMD 2017-2022 yang telah dijabarkan dalam Rencana Strategis Perangkat Daerah, arah kebijakan terkait dengan target mempromosikan industri inklusif dapat dijabarkan sebagai berikut: (1) Pengembangan aspek SDM, produksi, desain, dan pemasaran produk sektor (2) Pengembangan teknologi industri yang mendukung proses produksi secara kuantitas maupun kualitas serta pengembangan industri yang berwawasan lingkungan (Green Sector) (3) Pengembangan aspek SDM, produksi, desain, dan pemasaran produk kreatif (4) Penciptaan wira usaha baru melalui pelatihan, diklat, maupun fasilitasi usaha (5) Koordinasi dan fasilitasi penyediaan kawasan industri untuk IKM.
Program yang akan dilaksanakan untuk mendukung tujuan 9 antara lain terkait dengan: (1) Program Peningkatan Teknologi Industri (2) Program Pengembangan Industri Kecil dan Menengah.
No | Urusan / Kelompok / Indikator | Tahun | Satuan | Tanggal Update | |||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2010 | 2011 | 2012 | 2013 | 2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | ||||
DINAS PERHUBUNGAN | |||||||||||||||||
1 | Jumlah penumpang dan barang berdasarkan moda transportasi | ||||||||||||||||
2 | 1. Jumlah bandara | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
3 | 2. Jumlah pelabuhan penyeberangan | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
4 | 3. Jumlah pelabuhan strategis | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
DINAS KOPERASI, USAHA KECIL, MENENGAH DAN PERDAGANGAN | |||||||||||||||||
5 | Proporsi nilai tambah sektor industri manufaktur terhadap PDB dan per kapita | ||||||||||||||||
6 | 1. Laju pertumbuhan PDB industri manufaktur | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
7 | Proporsi tenaga kerja pada sektor industri manufaktur | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
8 | Proporsi nilai tambah industri kecil terhadap total nilai tambah industri | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
9 | Proporsi industri kecil dengan pinjaman atau kredit | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
10 | Rasio Emisi CO2/Emisi Gas Rumah Kaca dengan nilai tambah sektor industri manufaktur | ||||||||||||||||
11 | 1. Penurunan emisi gas rumah kaca sektor industri | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
12 | 2. Intensitas emisi sektor industri | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
Badan Pusat Statistik | |||||||||||||||||
13 | Proporsi anggaran riset pemerintah terhadap PDB | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
14 | Jumlah sumber daya manusia bidang ilmu pengetahuan dan teknologi peneliti, perekayasa, dan dosen pada instansi pemerintah dan perguruan tinggi per satu juta penduduk | ||||||||||||||||
15 | 1. Proporsi sumberdaya manusia bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan gelar Doktor S3 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
16 | Total dukungan resmi internasional bantuan resmi pembangunan ditambah aliran bantuan resmi biaya untuk infrastruktur | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
17 | Proporsi nilai tambah teknologi menengah dan tinggi terhadap total nilai tambah | ||||||||||||||||
18 | 1. Kontribusi Ekspor Produk Industri berteknologi tinggi | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN | |||||||||||||||||
19 | Proporsi penduduk yang terlayani mobile broadband | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG | |||||||||||||||||
20 | Populasi penduduk desa yang tinggal dalam jarak 2 km terhadap jalan yang layak | ||||||||||||||||
21 | 1. Kondisi mantap jalan nasional | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
22 | 2. Panjang pembangunan jalan tol | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
23 | 3. Panjang jalur kereta api | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |